RSS

UJIAN SEMESTER TIGA

06 Feb

Gue lagi di depan tv, mantengin laptop. Oke jadi gue nonton tv apa laptop? Kenapa ambigu banget sih. Oke, gue di depan tv tapi gue lebih milih pacaran sama si cocom, panggilan sayang buat compaq yang udah setengah taunan ini nemenin gue. Dan nggak seperti biasanya gue lagi getol-getolnya nulis. Umm it just when you find your old spirit. Ya gue emang lagi semangat banget nerusin komunikasi lewat tulisan ini. Kali ini bukan lewat hape, kasian banget liat 3110c gue, udah sekarat abis tinggal nunggu kapan dimakan anjing. Yah, semua semangat ini dimulai gara-gara baca blog.nya bang Alit Susanto, Mapala terlanjur lama lewat tulisan apa judulnya gue lupa. Tapi intinya disitu kalo loe nulis orientasinya jangan pada uang, loe bakal ngalamin apa yang dinamain stagnansi.

Masuk tema nih, deadline (sok penulis), well kalo diitung dari pertama gue kuliah di sini udah keitung setahun setengah kali ya jadi mahasiswa, terharu banget deh (lebay). Dan gue  kali ini dihadapkan pada situasi yang hampir semua mahasiswa nggak bakal suka tiap semesternya. Tau apa, tau apa, tau apa, oke itu udah tiga kali. Ya UAS. UAS? Ujian Akhir Sekolah? Bukan. Ujian Akhir Semester dodol.

Tiap kali Ujian entah kenapa rasanya gak ada yang spesial. Ini seperti diskriminasi pada jenis Ujian satu ini. Oke, kita flashback pada masa-masa dulu gue masih jadi anak sekolah, waktu gue masih muda.

Kita mulai dari masa putih merah, waktu gue masih ileran, waktu gue suka ingusan dan pipis di celana. Waktu itu emang kalo ada tes, waktu itu masih sistem “cawu”, gak tau “cawu”? Oke, cawu itu sistem tahun pelajaran yang dibagi ke 3 bagian. Dalam setaun kita  bakal ngalamin 3x test, gue sebut aja sistem 4 bulanan. Jadi tiap 3 bulan gue bakal dapet sekali tes. Dan ini menurut gue lebih efektif dari sistem yang dinamakan Semester. Pada awalnya gue bersorak sorai gembira ria (oke itu lebay). Sesuai dengan namanya “semester”, sistem 6 bulanan. Berarti tiap 6 bulan gue bakal dapet sekali tes. Tapi apa yang terjadi, deng deng deng deng (mencekam). Sistem yang menurut gue nggemesin banget ini harus dinodai sama yang namanya UTS, Ujian Tidak Senang, bukan, Ujian Tengah Semester. It’s so kampret kan. Bayangkan, gue mesti menempuh 4x, sekali lagi 4x tes setaun, dan itu sungguh gak menyenangkan. Tapi tak apalah, Ujian yang banyak itu akhirnya menempa gue buat jadi lebih senewen rajin.

Kemudian beranjak ke masa putih biru, yang gue rasa adalah masa tersukses dalam kehidupan percintaan pendidikan gue. Tanya kenapa? Bukannya sombong, tapi gue dulu akan yang pinter men. Dari 6 semester yang gue lalui di masa itu, gue selalu dapet peringkat teratas #terharu.

Jadi anak SMA, Sekolah Mulai Ayank-ayank-an. Ini gak Cuma berlaku buat gue doang, tapi buat seantero siswa-siswi SMA se-Indonesia dari sabang sampai merauke. Oke, ini gak bahas masa-masa pacaran, tapi masa-masa UAS. Buat tahun pertama bolehlah gue berbangga hati, seenggaknya gue masih peringkat 5 besar, karena waktu itu gue masih niat buat tekun belajar dan tekun menyontek, why not? Menyontek itu ga salah bung, Cuma dapet dosa aja hehe. Dan petaka biasanya datangnya tuh waktu tahun kedua, waktu nakal-nakalnya anak SMA. Oke, gue jujur, gue bukan anak nakal, tapi apa yang membuat nilai gue anjlok? Tak lain dan tak bukan adalah gara-gara sesosok mahluk bernama perempuan A.K.A cewek. Ya, itu yang merubah kehidupan pendidikan gue. Gue gak maksud nyalahin cewek, tapi gimana lagi, yaudah disalahin ajadeh. Walaupun akhirnya happy ending dengan gue lulus walaupun sebelumnya gue mutus dia.

And well akhirnya gue kuliah, situasi tes tetep aja sama dari dulu. Tengok kanan, tengok kiri, depan, belakang, serong kanan kiri, dkk. entah mengapa sistem perUjian di negeri ini belum bisa berubah jadi lebih baik (sok). Yang beda dari sistem Ujian di masa perkuliahan itu jarang ada sistem soal pilgan, secara dari jaman gue SD sampe SMA tiap Ujian pasti dapetnya pilgan. Tapi ini beda, kita dapet soal essay paling 5 soalnya (buat Mata Kuliah Umum) tapi jawabannya bisa 2 lembar folio bolak balik. Itu sungguh nggak manusiawi men. Secara tulisan gue di bawah standar, itu sama aja pelecehan harga diri tulisan gue.

Well, penghujung cerita Putri dan Pangeran hidup bahagia selama-lamanya (nggak nyambung). Dan terima kasih buat yang sengaja atau nggak sengaja buat baca atau sekadar lewat ngintip tulisan ini.

Tetap sehat, tetap semangat.

 
2 Comments

Posted by on February 6, 2012 in Kuliah

 

2 responses to “UJIAN SEMESTER TIGA

  1. Rifai Yusuf

    February 16, 2012 at 9:04 am

    wah, kok sama ya gan…..
    hihihi
    kmarin waktu UAS juga Ane gak belajar….
    tapi mla pacaran sama si AS*(S)….
    nama laptop ane tuh, Hhihihihi
    browsing-browsing dan nongkrong sana sini…..

     
    • androsive

      February 16, 2012 at 10:07 am

      Wahaha, cannot live without gadget

       

Leave a comment